PROPERTips

Symphony of Design

Ibarat orkestra, setiap elemen desain di dalam hunian adalah alat musik yang masing-masing punya kekhasan dalam nada. Memastikan setiap alat musik mengalun dengan harmonis agar terdengar indah di telinga pun sama kiranya dengan menata interior. Harmonisasi dalam setiap elemen desain yang Anda hadirkan mampu menyulap hunian menjadi tempat yang selalu Anda rindukan.

Untuk menciptakan suasana tersebut, yang perlu dilakukan adalah merangkai satu benang merah yang menyatukan antara satu ruangan dengan ruangan lainnya. Berikut beberapa tips menghadirkan simponi yang harmonis dalam mendesain ruang.

 

“Visual Balance”

Keseimbangan adalah satu hal yang penting diperhatikan. Pemilihan ukuran perabot, permainan warna, perlu dipertimbangkan di setiap ruangan. Hindari memberi warna terlalu gelap di satu dinding ruangan dan warna terang di sisi lain. Ini akan membuat desain hunian jadi terkesan berat sebelah. Untuk menyeimbangkan, Anda bisa meletakkan perabot berwarna terang di ruangan berdinding gelap dan sebaliknya.

 

Sisi Simetri

Simetris adalah cara lain untuk menghadirkan kesan teratur di sebuah ruangan. Tak sekadar menciptakan keseimbangan secara visual, cara ini juga sekaligus menciptakan irama senada saat dipandang. Agar selaras, tentukan bagian tengah ruangan, baru buat pola simetri dengan menempatkan perabot yang memiliki kesamaan. Kesan simetri juga bisa Anda ciptakan dengan memasang gorden yang sesuai.

 

Ruang Kosong

Hobi belanja perabot acap kali berakhir dengan bingung mau diletakkan dimana nantinya. Permasalahan sebenarnya tidak berhenti sampai di situ. Terlalu banyak perabot akan membuat mata mudah lelah karena ruangan terlalu penuh dengan perangkat interior. Ada baiknya tahan hasrat berbelanja Anda dan mulailah menghadirkan beberapa space kosong yang tidak terlalu banyak elemen desain untuk memberi kesempatan mata istirahat sejenak.

 

“Run Smoothly”

Hubungkan elemen desain satu dan lainnya berdasarkan karakteristik yang sama. Cara ini akan membuat irama ruangan mengalir smooth. Tak harus dengan menempatkan perabot yang serba matching yang malah akan membuat ruangan terkesan monoton. Siasati dengan menghadirkan interior setema. Misalkan sofa warna biru laut, dengan beberapa interior bertema laut lainnya. Atau pola stripes pada gorden, Anda tampilkan lagi dalam bentuk lain, misalkan karpet di bawah meja, dan lain sebagainya.